Selasa, 24 Juni 2008

Bertukar pikiran dengan mailing list

Uraian ini saya buat dan kupersembahkan bagi mereka yang belum mengenal apa yang dinamakan dengan mailing list bagi yang sudah mengetahui bahasan ini silahkan melanjutkan perjuangannya. Mailing list merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang memiliki hobi dan minat yang sama seperti berenang, berolahraga, mengumpulkan perangko, memelihara bunga dan lain-ain yang sama-sama memiliki permasalahan dan sudah tidak ditemukan lagi penyelesaiannya baik itu melalui buku alamat websie yang sulit memilih informasi yang dibutuhkan maka jalan keluarnya adalah dengan mailing list .

Mailing list merupakan tempat yang sesuai untuk memperbincangkan segala permasalahan. ditempat ini semua orang bisa berukar pikiran atau pendapat dan mengundang kepada siapapun yang memiliki permasalahan yang sama.

Ada banyak mailing list dari yang benar-benar focus sampai yang kacau. contoh yang benar-benar serius misalnya membahas tentang penyakit pada manusia, tentang komputer baik hardware maupun software, hobi, olahraga dan lainya yang banyak bermanfaat untuk diperbincangkan dan dapat menambah wawasan yang bermanfaat tentang keilmuan yang diperoleh.

Syarat untuk bergabung dengan mailinglist yaitu anda harus memiliki alamat email, dan gak usah kuatir anda tidak usah membayar semuanya gratis anda hanya dikenakan biaya sewaktu akses saja dan biaya keanggotaan ke ISP.

Meskipun mailing list merupakan tempat yang digunakan untuk bertukar fikiran dan pendapat di sini kita diwajibkan harus mentaati aturan yang berlaku kalau kia tidak ingin mendapat flame magsudnya surat, kritikan ejekan sampai celaan pedas karena orang tidak suka dengan etika anda di dalam mailing list. jika hal tersebut terjadi maka akan terjadi flame ware atau saling balas membalas akibat dari gangguan anda dan ganguan orang lain, agar anda tidak terhindar dari hal tersebt anda harus berpedoman pada akal sehat dan hati nurani.

Beberapa aturan yang perlu diketahui selama anda melakukan maillinglist adalah :
  1. Jangan mengirim pesan yang tidak berguna
  2. Bacalah setiap pesan yang ada lihat respon, tetapi anda bisa melakukan respon yang baik jika belum sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh anda artinya anda harus tetap diam sampai anda yakin kapan anda perlu untuk berbicara.
  3. Bacalah terlebih dahulu FAQ ( frekuensi, asked, question ) sebelum anda bertanya.
  4. Jangan menulis panjang tanpa makna seperti menulis kasar, menulis subyek pesan, dan menjual sesuatu hal ditempat mailing list.

Tidak ada komentar: